Kamis, 18 Juni 2015

V. MANUSIA & HARAPAN

1. Pengertian Manusia & Harapan

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi; sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan seseorang.
Setiap Manusia Mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu mati dalam hidup. Orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan, biasanya berupa pesan pesan kepada ahli warisnya. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan, Misalnya Rafiq mengharapkan nilai A dalam ujian yang akan datang, tetapi tidak ada usaha, tidak pernah hadir kuliah. Ia menghadapi ujian dengan santai. Bagaimana rafiq memperoleh nial A. Luluspun mungkin tidak.
Harapun harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada tuhan yang maha esa, agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh sungguh
 Sumber : https://ariefimam2.wordpress.com/tugas-ilmu-sosial-dasar/bab-11-manusia-dan-harapan/

2. Persamaan Harapan & CIta-cita

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi, sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan. Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan tersebut.

Cita-cita merupakan impian yang dimiliki seseorang sejak kecil atau sekarang dan dibatasi oleh batas waktu. Seorang yang memiliki cita-cita jika impiannya tersebut ingin tercapai, seseorang tersebut haru mempunyai usaha untuk menggapai cita-citanya tersebut agar impiannya dapat terealisasikan. Dan didalam menggapai sebuah cita-cita janganlah terlalu ambisius karena itu akan berdampak yang buruk bagi diri sendiri.

Cita-cita yang baik adalah cita-cita yang ingin dicapai dengan usaha yang keras, inovasi, pantang menyerah dan mandiri, walaupun orang tersebut telah jatuh dalam menggapai cita-citanya tetapi jika orang tersebut memiliki tekat atau pantang menyerah maka orang tersebut akan terus berusaha dalam menggapai cita-cita atau impiannya tersebut.

Berhubungan dari hal diatas persamaan harapan dan cita-cita yaitu keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud dengan melakukan cara usaha yang keras dan sebagainya.

Sumber : http://rahmaniananda.blogspot.com/2013/01/manusia-dan-harapan.html

3. Contoh Harapan 

    1.  Seorang siswa yang ingin mengikuti ujian nasional berharap akan mendapatkan   nilai Ujian dengan nilai yang baik

    2. Seorang bisnisman yang berharap memenangkan tander bagi perusahaannya

    3. Seorang ibu yang berharap anaknya menjadi anak yang sukses dan berguna bagi lingkungan dan bangsanya

    4. Seorang mahasiswa yang berharap mendapatkan nilai IPK yang tinggi

    Sumber : http://sanwanidjoyo.blogspot.com/2012/06/pengertian-harapan-dan-contohnya.html

    4. Harapan Saya & Doa Saya Sekarang ini
      
     Harapan saya saat ini dan kedepannya adalah menjadi orang yang berguna untuk negara dan keluarga dan menjadi orang yang sukses dan bisa membantu orang tua serta keluarga, harapan saya dapan membanggakan orang tua dengan mendapatkan IPK yang tinggi dan lulus kuliah tepa pada waktunya.

     Doa saya saat ini adalah selalu memdoakan kesehatan orang tua dan orang orang terdekat saya, mendapatkan rezeki yang halal, menjadi orang yang lebih soleh serta selalu dijalan yang benar dan menjadi orang yang sukses.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar